Sabtu, 13 Agustus 2016

Alat-alat Footprinting, Penanggulangan Footprinting & Footprinting Pen Testing


A. Alat Alat Footprinting 


1. Prefix Whols, adalah sebuah proyek open source yang mengembangkan dan mengoperasikan kerangka gratis whois kompatibel untuk penimbunan dan query berbagai routing dan registry informasi. Prefix whols menggunakan BGP routing dan global yang banyak belajar dari router backbond ISP



2. Dmitry (Deep Magic Information Tool) adalah UNIX / (GNU) Linux Command Line Aplikasi dikodekan dalam C. Dmitry memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang tuan rumah. fungsi dasar mampu mengumpulkan mungkin subdomain, alamat email, informasi uptime, tcp port scan, pencarian whois, dan banyak lagi.



3. Tcptrace adalah tool untuk menganalisa dan melaporkan file dump tcdump (atau libcap). Ia dapat menyarikan data atau menampilkan data grafis bersama gnuplot tool dari package gnuplot. Data grafis yang dapat disajikan meliputi data throughput, RTT, time sewuence, segment size, dan cwin. Instalasi tcptrace di Ubuntu adalah : sudo .aptitude install tcptrace



4. ASS (Autonomos System Scanner), dirancang untuk menemukan AS dari router. Mendukung protokol berikut: IRDP, IGRP, EIGRP, RIPv1, RIPv2, CDP, HSRP dan OSPF.


5. NetscanTools Pro, adalah  Alat jaringan yang dirancang untuk membantu Anda memecahkan masalah, mendiagnosa, memantau dan menemukan perangkat pada jaringan Anda


6. Netmask, biasa dikenal sebagai pengelompokkan pengalamatan, atau terkadang dikenal juga sebagai subnetmask.


7. Maltego, adalah perangkat lunak proprietary yang digunakan untuk open-source kecerdasan dan forensik, yang dikembangkan oleh Paterva.Maltego berfokus pada penyediaan perpustakaan transformasi untuk penemuan data dari sumber-sumber terbuka, dan visualisasi informasi yang dalam format grafik, cocok untuk analisa link dan data mining.
8. Host, adalah utilitas sederhana untuk melakukan DNS lookup. Hal ini biasanya digunakan untuk mengkonversi nama ke alamat IP dan sebaliknya. Bila tidak ada argumen atau opsi yang diberikan, host mencetak ringkasan singkat dari argumen baris perintah dan pilihan.


9. DNS Digger, adalah layanan reverse lookup besar di mana Anda dapat menemukan informasi besardi belakang data internet.

10. DRT (Alat penelitian Domain) digunakan  untuk menemukan pengunjung domain dengan jenisnya, lalu lintas mesin pencari, link balik, PageRank, Alexa ™ rank, rincian whois dan banyak lagi.

11. Domain Inspect adalah nama domain checker software yang kaya fitur, yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah menemukan nama domain yang diinginkan untuk mendaftar.
12. Trellian adalah salah satu perusahaan internet tertua dan paling berpengalaman. Kami memimpin paket dengan pengembangan inovatif kami di kedua perangkat lunak dan internet solusi.

13. TouchGraph memungkinkan untuk penciptaan dan navigasi grafik interaktif. Ideal untuk link mengorganisir, atau pemetaan pikiran.

14. theHarvester, Tujuan dari program ini adalah untuk mengumpulkan email, subdomain, host, nama karyawan, port terbuka dan spanduk dari sumber-sumber publik yang berbeda seperti mesin pencari, server kunci PGP dan basis data SHODAN komputer. Alat ini dimaksudkan untuk membantu penguji penetrasi pada tahap awal dari uji penetrasi untuk memahami jejak pelanggan di Internet.
15. SpyFu adalah salah satu fitur alat kaya, tapi mungkin memiliki antarmuka paling menarik di luar sana. SpyFu menawarkan SEO dan PPC Pilihan alat mata-mata bersama dengan alat penelitian kata kunci mereka sendiri.


16. CallerIP memonitor aktivitas di port yang terbuka pada sistem anda, yang sering tidak dilindungi oleh firewall, dan mengidentifikasi backdoors yang dapat memungkinkan berbahaya Trojan untuk mencuri informasi Anda
17. Subdomainer merupakan alat pengumpulan informasi yang dirancang untuk memperoleh nama subdomain dari sumber-sumber publik , seperti Google , Msn pencarian , Yahoo, server PGP dan lain lain.

Footprinting Pen Testing




1. Foot Print test digunakan untuk menentukan organisasi publik yang tersedia informasinya di internet seperti arsitektur jaringan, sistem operasi, aplikasi dan users
2. The Tester mencoba mencari sebanyak mungkin informasi tentang organisasi target dari internet dan situs publik lain

Penanggulangan Footprinting


1. Mengkonfigurasi router untuk membatasi tanggapan terhadap permintaan footprinting
2. Mengkonfigurasi server web untuk menghindari kebocoran informasi dan  menonaktifkan protokol yang tidak diinginkan
3. Mengunci port dengan konfigurasi firewall yang cocok
4. Gunakan IDS yang dapat dikonfigurasi untuk menolak lalu lintas yang mencurigakan
5. Mengevaluasi informasi sebelum mempublikasikannya di website/internet
6. Lakukan teknik footprinting dan menghapus informasi sensitif yang ditemukan
7. Mencegah mesin pencari dari cache halaman web dan menggunakan layanan pendaftaran tanpa nama
8. Menonaktifkan daftar direktori dan menggunakan split-dns.

RINGKASAN MODUL
1. Footprinting mengacu pada mencari dan mengumpulkan informasi sebanyak banyaknya tentang target yang akan di serang
2. Database WHOIS diurus oleh Regional Internet Registries dan berisi informasi pribadi dari pemilik domain
3. DNS Records menyediakan informasi penting tentang lokasi dan tipe tipe server
4. Informasi pribadi bisa ditemukan menggunakan jasa pencarian online
5. Anda dapat membangun komunikasi email dengan perusahaan target dan melacak email untuk mengekstrak informasi seperti lokasi penerima dan server mail
6. Competitive intelligence gathering adalah proses mengumpulkan informasi tentang pesaing Anda dari sumber-sumber seperti internet
JIKA KAU TAU MUSUH DAN DIRIMU SENDIRI, KAU TIDAK PERLU TAKUT DENGAN HASIL  DARI RATUSAN PERTARUNGAN” –SUN TZU

0 komentar:

Posting Komentar